BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 18 Maret 2011

black hole


MISTERI lubang hitam yang bertebaran di angkasa lepas dikatakan menyamai konsep kejadian aneh yang berlaku di Segitiga Bermuda.
Ukurannya lebih besar daripada matahari, serta menyedot apa saja yang mendekatinya termasuk planet.

Teori lubang hitam sebenarnya dikemukakan lebih dari 200 tahun lalu. Pada 1783, ilmuwan Barat, John Mitchell mencetuskan teori mengenai kemungkinan wujudnya lubang hitam selepas beliau meneliti teori gravitasi Isaac Newton.

Menurut teori evolusi bintang, asal lubang hitam adalah sejenis bintang biru yang memiliki suhu permukaan melebihi 25,000 darjah Celcius. Ketika pembakaran hidrogen di bintang biru yang memakan waktu kira-kira 10 juta tahun selesai, ia menjadi bintang biru raksasa. 
 Kemudian, bintang itu menjadi dingin dan berubah menjadi bintang merah raksasa. Bintang merah raksasa mengalami ledakan dahsyat (Supernova) dan menghasilkan dua jenis bintang, yaitu bintang Netron dan lubang hitam.

Lubang hitam raksasa yang dilihat itu berada di pusat galaksi RX J1242-11 yang jaraknya sekitar 700 juta tahun cahaya dari bumi. Bintang yangdisedot oleh lubang hitam lebih besar dari matahari yang berada di sistem tata surya kita.

prosesnya adalah, Bintang yang disedot akan hancur sedikit demi sedikit dan disedot ke dalam lubang itu selama beberapa hari. Pada awalnya, bintang itu kehilangan gas yang berada di sekelilingnya.
Setelah itu, bintang itu menjadi panas hingga jutaan derajat Celcius dan hilang ditelan lubang hitam. Dalam proses itu, ia melepaskan tenaga yang kuat, setara dengan ledakan Supernova.

0 komentar: